Translate

Wednesday, October 17, 2012

TIPS & TRIK, PERNAK-PERNIK YANG MEMBUAT MOBIL ANDA SEMAKIN TAMPIL MANTABS!!!


Industri otomotif, khususnya kendaraan roda empat atau mobil sangat membawa berkah bagi siapa saja yang ingin berkecimpung di dalamnya. Dari membuka pabrik-pabrik rekanan pembuat komponen s/d bengkel persediaan spare parts, perbaikan dan perawatan, dari membuka industri alat-alat penunjang s/d industri perbankan dan asuransi mobil, dll. Sungguh luar biasa efek muatannya.
Salah satu yang ikut berkembang pesat adalah industri pembuatan pernak-pernik / aksesoris mobil, baik yang bersifat functional maupun fashionable belaka, atau bahkan yang menyangkut kedua-duanya. Dalam artikel kali ini saya ingin menyinggung beberapa pernak-pernik yang akan membuat mobil Anda terasa makin nyaman dan menyenangkan. Beberapa pilihan diantaranya, yaitu:

sarung lingkar stir.
Sarung lingkar stir (steering wheel cover). Pernik yang satu ini perlu Anda pertimbangkan keberadaannya, mengingat lingkar stir adalah bagian yang paling sering mengalami kontak langsung dengan pemakainya. Begitu masuk mobil, tangan pemakai yang masih: basah, kotor, berdebu, berminyak dll. sering tanpa disadari langsung memegang lingkar stir dan meninggalkan jejak kotoran di sana. Tidak heran bila bagian ini lama kelamaan menjadi kotor dan cepat  "rusak", disingkat USANG. Dengan demikian baik lingkar stir mobil premium yang berlapis kulit hewan asli mahal dan kayu eksotis maupun stir plastik biasa, akan dengan segera menjadi usang. Tidak mau kan bila diibaratkan tampilannya sudah cakep seperti Miss Universe, tetapi sayang giginya kuning. Haha. Jadi pemakaian pernik ini dapat membuat lingkar stir asli menjadi tetap bagus dan awet. Mengenai pilihan terserah selera masing-masing, sebab di pasaran banyak sekali ragam dan tema-nya, dari yang polos s/d bertema. misal: Army, Cartoon, Racing, dll. ada! Jadi yang penting, asal serasi dan tetap aman dipakai.

sarung knob ~ army look.
Sarung kepala tongkat transmisi (shift knob cover). Kepala tongkat transmisi MT / AT juga merupakan bagian yang bernasib sama seperti lingkar stir, cepat sekali menjadi usang. Pemakaian sarung pada handle tongkat transmisi akan mencegah kerusakan yang terjadi.








sarung hand brake ~ army look
Sarung handle tongkat rem tangan (hand brake handle cover). Tongkat rem tangan masih sering dijumpai pada mobil-mobil non premium. Berhubung juga memiliki nasib serupa dengan yang di atas, maka pemakaian sarung pada handle tongkat rem tangan akan mencegah kerusakan yang terjadi.





belt pad ~ army look
Sarung sabuk keselamatan (seat belt pad set). Pertama kali saya membeli pernik ini, karena alasan seperti di iklan, yaitu sebagai bantalan di pundak atau badan. Setelah saya pakai, kok tidak ada pengaruh sama sekali.
Akhirnya saya tersadar, bahwa pernik ini ternyata fungsinya sangat penting! yaitu melindungi sabuk keselamatan agar tidak mudah kotor. Sabuk keselamatan rawan menjadi usang karena termasuk bagian yang sering kontak langsung dengan tangan pemakai. Mengingat tingkat kesulitan membersihkannya tinggi (harus hati-hati jangan sampai cacat), maka keberadaan pernik ini sangat menolong. Caranya, setiap akan memakai atau melepas sabuk keselamatan, usahakan yang pertama kali Anda pegang adalah pernik ini (jangan langsung memegang bahan sabuk keselamatan), dari situ Anda dapat menarik atau mengulurnya sesuai keperluan.

sandaran bantalan.
Sandaran dan bantalan jok kursi. Meskipun sampai saat ini saya belum menemukan desain yang pas dan tidak merepotkan (simple dan praktis). Pernik yang satu ini dapat menyelamatkan jok kursi, terutama jok-jok kursi depan, dari bahaya usang. Gesekan bagian tangan, kaki dan bokong pada lapisan bantalan jok serta keringat kecut, haha, berdebu dari punggung yang menempel ke sandaran jok dapat diminimalisir dengan penggunaan pernik yang satu ini.





gantungan tas belanjaan.
Gantungan tas belanjaan (hook). Bentuknya yang kecil sepele, ternyata fungsinya sangat besar. Setiap kali anda berbelanja, maka dengan adanya pernik ini, membuat Anda dengan mudah, nyaman dan aman untuk menggantungkan belanjaan disana. Jadi tidak ada lagi cerita belanjaan Anda tumpah mengotori jok kursi dan karpet mobil. Selain itu pernik ini dapat digunakan untuk menggantung tas plastik kresek untuk menampung sampah-sampah bekas kemasan camilan, kaleng / botol plastik minuman, dll. Sekarang, di pasaran  banyak sekali desain yang tersedia, tapi tetaplah pilih yang simple dan tidak merepotkan / praktis.
Note: 
Agar mobil Anda bisa tetap tampil serasi dan elegant, kecuali Hook, maka pilihlah pernak-pernik di atas dalam satu tema sesuai selera Anda. Misal Anda suka yang bertema Racing atau Army, maka usahakan semua pernik juga bergaya sama, Racing atau Army.
Untuk hook. Anda tinggal memilih warna yang sama atau yang masih serasi dengan sekelilingnya.
Bila pernak-pernik di atas sudah kelihatan kotor, Anda tinggal melepasnya dan mencucinya atau bila Anda sudah mulai bosan, Anda tinggal mengganti yang baru dengan tema yang baru pula. Semuanya terserah Anda.
 
kunci lingkar stir, PAS MANTAB!
Kunci lingkar stir (steering wheel lock). Mobil yang sudah menjadi barang sangat berharga didalam menunjang aktifitas Anda sehari-hari, perlu sekali mendapat perlindungan ekstra dari bahaya pencurian. Meskipun Security System secara electronic yang disajikan pabrikan pada mobil Anda sudah sedemikian canggih, belum lagi ditambah dengan immobiliser system, tetap saja akal para pencuri ada saja untuk menggasak mobil incarannya. Dari yang berpura-pura ingin bekerja menjadi sopir pribadi, meracuni sopir pribadi s/d yang praktekkan black hipnotis. So tidak ada salahnya bila Anda membeli alat pengaman tambahan yang bersifat mekanik/ konvensional, berupa kunci lingkar stir. Keberadaan alat pengaman ini paling tidak bisa membuat pencuri langsung gentar dan mendadak malas, ketika berniat ingin menggondol mobil Anda. Di pasaran banyak sekali modelnya, untuk itu belilah yang praktis, terbuat dari bahan yang kuat dan berkualitas serta mudah disimpan. Harganya yang mahal tidak usah dipikirkan, karena semahal-mahal harganya tidaklah seberapa dibandingkan dengan harga mobil Anda serta efek psikologis yang bakal Anda tanggung, bila Anda misalnya benar-benar telah kehilangan mobil tersebut. Semoga hal ini tidak pernah terjadi pada Anda.

GPS mini track.
Alat pengirim sinyal (GPS Tracking) keberadaan mobil. Beberapa tahun belakangan di pasaran telah tersedia alat pengirim sinyal keberadaan mobil, sehingga dengan bantuan internet dan Google Maps, misalnya, maka secara real time kita bisa mengetahui posisi dan lokasi keberadaan mobil kita saat itu juga. Sayangnya alat ini belum terlalu populer di masyarakat mengingat harganya yang relatif mahal. Tetapi dengan maraknya pencurian mobil belakangan ini, maka tidak ada salahnya bila Anda mulai melirik keberadaan alat ini di mobil Anda. Apalagi jika mobil Anda termasuk kelas premium dengan harga menjulang ke langit. Keberadaan alat ini sangatlah URGENT! Menurut saya, lebih cepat Anda pasang, lebih baik, sebelum semuanya menjadi terlambat, mengingat baru-baru ini ada kenalan saya yang kehilangan mobil keren-nya secara cuma-cuma karena ditipu. Dia sangat menyesal karena tidak segera memasang alat pengirim sinyal / GPS Tracking tersebut sesuai saran koleganya (bukan saya) sebelumnya.

satnav.
Satelite Navigation (SatNav) mobil. Gadget navigation ini sudah lama populer di negara-negara maju, tetapi baru beberapa tahun belakangan ini mulai marak dilirik oleh para konsumen disini. Didalam alat tersebut, terutama, berisikan peta kota-kota di seluruh dunia termasuk kota-kota besar di Indonesia. Banyak sekali informasi yang tersedia disana, terutama yang berhubungan dengan perjalanan. Dengan alat ini Anda bisa: melihat peta lengkap dengan nama-nama jalan dan tempat untuk mencari lokasi tertentu, merancang perjalanan dengan panduan satelit, pergi menuju ke tempat tujuan dimana Anda belum familier sama sekali dengan panduan satelit, dll. 
Note: 
Belakangan, mobil-mobil premium sudah dilengkapi pabrikan dengan gadget ini / built in.
Manfaat gadget ini sangat saya rasakan, ketika saya mengadakan suatu perjalanan ke tempat-tempat yang sama sekali belum pernah saya kunjungi / asing. Berkat alat ini saya berhasil ke tempat yang saya tuju tanpa tersesat dan tanpa banyak bertanya alamat pada orang-orang sekitar, benar-benar sangat PRAKTIS!
Meskipun berjalan di malam hari, di sepanjang perjalanan saya bisa mengemudi menyusuri jalanan asing tanpa ragu-ragu dan tersesat sedikitpun berkat panduan satelit.
Beberapa merk terkenal dapat Anda cari di internet dan info terbaru, bahkan sudah ada yang menggunakan peta 3D, bukan main!



Good Luck & Peace! 





No comments: